·
CLASS
Class merupakan
suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object.
class juga merupakan grup suatu object dengan
kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
·
METHOD
Method merupakan
suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu
object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu
dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang
hidupnya.
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1. Nama metode
2. Tipe Objek atau
tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi
metode.
·
CONSTRUCTOR
Constructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi
objek, dan tiap class boleh memiliki lebih dari satu constructor.
Perbedaan method biasa dengan constructor adalah bahwa constructor
harus memiliki nama yang sama dengan nama class-nya dan tidak memiliki
nilai kembalian.
Constructor dijalankan pada saat sebuah objek diinisialisasi (menggunakan kata new). Pada constructor juga berlaku overloading, artinya boleh mendeklarasikan lebih dari satu constructor, asalkan memiliki parameter yang berbeda.
·
MODIFIER
Modifier
adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun class dalam java.
Ada empat macam modifier yang dikenal oleh Java, yaitu private, protected,
public dan default.
Wilayah
Akses
|
Public
|
Protected
|
Default
|
Private
|
Kelas yang
sama
|
ya
|
ya
|
ya
|
ya
|
Antar
Kelas dalam package yang sama
|
ya
|
ya
|
ya
|
tidak
|
Subkelas
di package yang berbeda
|
ya
|
ya
|
tidak
|
tidak
|
bukan
subkelas, package yang berbeda
|
ya
|
tidak
|
tidak
|
tidak
|
Beberapa
modifier penting lainnya:
- Static yaitu modifier yang digunakan
agar suatu atribut maupun method dapat diases oleh objek atau kelas lain
meski tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun
method itu berada, method main adalah salah satu contoh method modifier
static yang sering digunakan.
- Final yaitu modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.
·
OBJECT
sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat
dilakukan secara berbeda oleh objek-objek lain yang menggunakannya. di butuhkan
operator NEW untuk membuat objek dari suatu kelas.
objek dibuat
dengan cara menuliskan :
1. NamaKelas NamaObjek
= new NamaConstractor();
2. NamaKelas
Namaobjek;
NamaObjek = new NamaConstractor();
NamaObjek = new NamaConstractor();
proses
di atas disebut instansiasi. ketika objek selesai dibuat, objek tersebut
disimpan didalam memori dan dapat diakses oleh objek-objek lain melalui nama
objeknya.
0 komentar:
Posting Komentar